9 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
Manfaat Mentimun

Mentimun diklaim sebagai sayuran yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Bukan tanpa sebab, mentimun memang sangat mudah dijumpai pada aneka sajian lalapan berupa potongan timun mentah, acar timun pada sajian mie maupun nasi goreng dan aneka sajian lainnya.

Cara pengolahan yang mudah dan banyaknya manfaat mentimun, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengonsumsi sayuran satu ini. Selain dikonsumsi, mentimun juga kerap dijadikan bahan perawatan tubuh biasanya diletakkan pada mata sebab dapat mengatasi masalah kantung mata.

Mentimun atau timun juga bisa disajikan sebagai minuman segar seperti jus dan sorbet. Kandungan air segar  pada timun mencapai 95% dapat dimanfaatkan sebagai minuman yang mengatasi dehidrasi.

Ada banyak lagi manfaat yang tersimpan dalam timun, berikut 9 manfaat mentimun:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mentimum kaya akan kandungan vitamin terutama vitamin C yang sangat bermanfaat guna meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem imun penting untuk memastikan tubuh selalu berada dalam kondisi yang prima.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Konsumsi timun dianjurkan untuk pasien diabetes untuk mengontrol kadar gula darah. Dengan konsumsi jus mentimun mampu meningkatkan hormon khusus yang dibutuhkan sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

  1. Melawan Kanker

Dalam mentimun terdapat kandungan tiga lignan yakni pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol. Ketiganya mampu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, mulai dari kanker ovarium, kanker payudara, kanker rahim dan juga kanker prostat.

  1. Mengurangi sakit kepala dan mabuk

Jika sering mengalami sakit kepala dan mabuk, cobalah mengunyah beberapa iris mentimun sebelum tidur maka saat bangun di pagi hari akan terasa lebih ringan. Sebab mentimun memiliki kandungan vitamin B, elektrolit dan gula untuk mengisi nutrisi penting pada tubuh.

  1. Menurunkan kolesterol

Mentimun juga baik untuk penderita kolesterol karena dalam beberapa penelitian ditemukan mentimun memiliki kandungan sterol. Senyawa sterol dapat membantu mengurangi kadar kolesterol pada tubuh yang baik untuk penderita kolesterol.

  1. Mengontrol tekanan darah

Konsumsi mentimun dapat menjaga tekanan darah tidak terlalu tinggi serta tidak terlalu rendah. Sebab kandungan magnesium, kalium, dan serat pada mentimun  membantu mengontrol tekanan darah Anda.

  1. Meredakan masalah persendian

Punya masalah nyeri sendi dan encok? Konsumsi jus mentimun setiap hari akan membantu mengurangi masalah nyeri pada persendian, encok hingga asam urat. Mentimun merupakan sayuran sumber silika yang mampu memperkuat jaringan sendi, kandungan kalsium, folat, potassium, magnesium, dan vitamin A, C, D, B1 dan B6 mengatasi masalah persendian dan menurunkan kadar asam urat.

  1. Membantu penurunan berat badan

Konsumsi mentimun baik untuk makanan maupun minuman dapat membantu menurunkan berat badan berlebih. Konsumsi dengan makanan seimbang membantu mencapai berat badan ideal yang diinginkan.

  1. Kesehatan kulit dan rambut

Memiliki masalah pada iritasi kulit karena sengatan matahari atau kerusakan rambut? Mentimun bisa membantu mengatasinya. Dengan cara menggosokkan kulit mentimun pada kulit yang mengalami iritasi serta kulit kepala, karena kandungan sulfur dan silikon membantu pertumbuhan rambut lebih sehat.

Banyaknya manfaat mentimun, bisa dikonsumsi setiap hari. Kini mentimun segar berkualitas langsung dari petani bisa didapatkan dengan mudah lewat TaniHub, platform e-commerce yang menghubungkan petani dan pembeli.

Sebagai tempat belanja buah dan sayur terbaik, penuhi kebutuhan dapur sehari-hari dan usaha dengan layanan pengantaran yang cepat. Kini hadir di Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Semarang, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang dan Pasuruan.

Related posts