Begini Proses Pemasangan Gigi Palsu yang Perlu Anda Ketahui dari SehatQ.com

  • Whatsapp
Begini Proses Pemasangan Gigi Palsu yang Perlu Anda Ketahui

Gigi palsu (denture) merupakan salah satu alat bantu yang juga dapat di fungsikan untuk menggantikan gigi yang hilang dan juga jaringan gusi di sekelilingnya. Pada penggunaan gigi palsu juga dapat mampu mengatasi keluhan yang muncul disebabkan oleh gigi yang hilang, seperti contohnya pada gangguan makan dan berbicara, dan juga menurunnya rasa percaya diri. Gigi palsu juga dibagi menjadi dua jenis, yaitu gigi palsu sebagian dan juga gigi palsu yang lengkap. Fungsi utama pada gigi palsu adalah mampu menggantikan satu atau beberapa bagian gigi lainnya yang hilang. Untuk gigi palsu yang lengkap, ia akan dapat menggantikan seluruh gigi, baik itu pada bagian gigi atas maupun pada bagian gigi bawah.

Umumnya gigi palsu sangat sering dibutuhkan oleh orang yang telah berusia 60 tahun keatas. Karena di umur 60 tahun keatas, akan mengalami perontokan gigi yang terjadi secara alami dengan sendirinya. Sebenarnya tidak mesti pada orang yang dengan berusia 60 tahun keatas, akan tetapi gigi palus juga dibutuhkan oleh anak-anak dan bahkan bisa saja pada orang dewasa yang juga kehilangan gigi.

Sebelum proses pemasangan gigi

  • Saat itu juga ketika akan menjalani proses pemasangan gigi yang pertama dokter akan mulai mengukur rahang pada pasien. Kemudian memubuat model gigi palsu yang terbuat dari bahan lilin, yang mana berfungsi untuk mencocokkan bentuk dari gigi palus dan juga rahang pasien yang akan di pasangi gigi palsu tersebut.
  • Pada pasien ada yang sebagian giginya dicabut karena akan memakai gigi palsu lengkap. Dan ada juga yang tidak di cabut.
  • Gigi palsu tersebut terbuat dari bahan plastik, logam, atau nilon.

Prosedur yang harus diikuti ketika melakukan pemasangan gigi palsu

Untuk pemilihan gigi palsu sebagian dan gigi palsu yang lengkap tergantung bagaimana kebutuhan yang dialami oleh pasien tersebut. berikut ini penjelasannya :

  1. Gigi palsu sebagian

Terdapat dua pilihan pada pemasangan gigi palsu, salah satunya pemasangan gigi palsu sebagian. Pada penggunaan gigi palsu sebagian ini, apabila seorang pasien yang kehilangan satu gigi atau beberapa gigi yang dipunyainya. Akan tetapi, pasien masih memiliki gigi yang sehat pada rahang atas dan rahang bawahnya. Untuk proses pemasangannya pada gigi palsu sebagian adalah gigi palsu tersebut akan dikaitkan pada bagian gigi tetap yang masih sehat dengan cara menggunakan logam sebagai pengaitnya.

  1. Gigi palsu lengkap

Pada penggunaan gigi palsu yang lengkap, ha itu terjadi ketika semua gigi atas dan gigi bawah perlu untuk dicabut. Gigi palsu jenis lengkap juga dapat pula menggantikan gigi palsu yang telah terpasang sejak lama dan memang harus diganti.

Pembuatan gigi palsu yang lengkap akan dibuat setelah semua gigi pasien yang mengalami masalah dicabut. Akan tetapi, pemasangan dari gigi palsu lengkap harus sesegera mungkin setelah semua gigi asli dicabut (immediate denture) atau juga menunggu gusi agar benar-benar sembuh (conventional denture). Ala perekat yang digunakan dengan menggunakan lem khusus untuk dapat menempelkan gigi palsu pada rongga mulut. Lem tersebut dapat berfungsi untuk mengatur dan juga dapat menjaga kestabilan pada gigi saat menggigit.

Bagi kalian yang akan melakukan pemasangan gigi palsu dan bingung untuk mencari  klinik dental yang baik dan harga terjangkau, sekarang ini tidak perlu khawatir lagi karena mudah dengan melakukan secara online pada produk digital.

Untuk di masa pandemi seperti ini, kalian juga perlu memeriksa kesehatan untuk mengantisipasi akan terjadinya penularan virus corona, dengan melakukan rapid test covid-19 sebelum pergi ke klinik dan melakukan pemasangan gigi palsu.

Related posts