Ini Dia Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penyebab Maag

  • Whatsapp
Kebiasaan Buruk Penyebab Maag

Maag merupakan penyakit yang sering diketahui sebagai akibat dari mempunyai pola makan yang tidak teratur. Sehingga ketika telat makan, maka akan membuat penderitanya mengalami rasa perih pada perut.

Apabila perut dibiarkan kosong maka akan dapat memicu produksi asam lambung yang berlebih. Hal tersebut akan menimbulkan gejala maag yaitu perut perih dan juga rasa panas pada lambung. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk juga kebiasaan buruk yang dipunyai. Kebiasaan buruk tersebut dapat dihindari dan dirubah, sehingga akan dapat mengatasi masalah maag yang dialami. Adapun kebiasaan buruk yang perlu dihindari karena menjadi menjadi faktor utama penyebab maag adalah:

  • Berbaring setelah makan

Salah satu hal yang sering dirasakan setelah makan adalah rasa kantuk yang datang. Sehingga hal tersebut membuat banyak orang yang suka berbaring bahkan juga langsung tidur setelah makan besar. Hal ini merupakan kebiasaan buruk yang perlu dihindari apabila tidak ingin terkena maag.

Karena apabila berbaring setelah makan bisa memicu naiknya makanan dan asam lambung. Hal tersebut akan membuat Anda mengalami naiknya asam lambung yang menyebabkan mual, sakit perut, hingga heartburn atau rasa nyeri yang dirasakan pada dada dan perut. Oleh karena itulah jangan langsung berbaring setelah makan. Berikan jeda 2-3 jam setelah makan dan baru berbaring atau tidur agar tidak menimbulkan penyakit maag.

  • Porsi makan berlebihan

Penyebab maag yang paling umum memang dikarenakan pola makan yang tidak baik. Selain karena telat makan, maag juga dapat terjadi karena mempunyai porsi makan yang berlebihan. Apabila mempunyai porsi makan yang terlalu besar juga akan menimbulkan produksi asam yang berlebihan.

Sehingga hal tersebut meningkatkan kerja lambung dan membuat lambung mempunyai tekanan berlebihan. Oleh karena itulah apabila Anda mempunyai kebiasaan makan dalam porsi yang besar akan menyebabkan mengalami maag. Solusi dari hal ini adalah dengan menghindari porsi besar dan mencoba porsi kecil tetapi sering.

  • Minum alkohol

Hal selanjutnya yang menyebabkan seseorang mengalami maag adalah karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Mengkonsumsi alkohol merupakan hal yang tidak baik untuk kesehatan, sehingga tidak dianjurkan.

Terutama ketika mempunyai hobi untuk mengkonsumsinya secara berlebihan, hal tersebut dapat menimbulkan berbagai penyakit di masa mendatang. Termasuk maag karena adanya iritasi dan pengikisan lapisan lambung apabila mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Apabila hal tersebut terjadi maka akan membuat seseorang mengalami gangguan pencernaan hingga tukak lambung. Oleh karena itulah hindari mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

  • Merokok

Kebiasaan buruk selanjutnya yang tidak hanya dapat menimbulkan maag tetapi juga banyak penyakit lainnya adalah merokok. Kebiasaan ini akan membuat otot stingter kerongkongan bagian bawah menjadi lebih kendur. Sehingga hal ini akan membuat lebih mudah mengalami asam lambung naik.

Apabila menderita asam lambung naik, salah satu hal gejala yang dirasakan adalah mengalami heartburn. Merokok juga dapat mengurangi produksi air liur yang mempunyai fungsi untuk penetral asam lambung alami, sehingga hal tersebut membuat lebih mudah untuk menyebabkan maag.

  • Mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu

Penyebab terakhir mengapa seseorang dapat terkena maag adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu. Bagi Anda yang ingin tidak terkena maag sebaiknya dapat menghindari berbagai makanan dan minuman yang dapat membuat maag.

Mulai dari makanan pedas yang dapat memicu asam, makanan tinggi lemak, buah-buahan asam, hingga minuman soda dan kafein. Hindari berbagai makanan dan minuman tersebut agar tidak terkena penyakit maag.

Related posts