Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

  • Whatsapp
Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

Sarapan merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk memulai aktivitas kita di pagi hari. Karena dengan sarapan yang sehat, energi kita akan terisi, sehingga kita akan tetap bersemangat dalam memulai aktivitas kita.

Khususnya pada ibu hamil, Memilih menu sarapan saat hamil tidak bisa sembarangan. Semua makanan dan minuman yang kita konsumsi akan berefek pada janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu perlu benar-benar memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi, termasuk saat sarapan. Memulai hari dengan menu sarapan sehat membantu melancarkan aktivitas kita seharian penuh.

Berikut berbagai rekomendasi menu sarapan untuk ibu hamil yang sehat dan juga lezat. Beberapa Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, antara lain:

  • Serat

Mengonsumsi makanan tinggi serat saat sarapan membantu melancarkan pencernaan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, ibu terhindar dari berbagai masalah pencernaan dan juga berat badan yang melonjak drastis akibat selalu merasa lapar sepanjang waktu.

  • Protein

Saat hamil, kita harus mengonsumsi protein sekitar 75 gr per hari. Bayi membutuhkan asam amino (salah satu jenis protein) untuk dapat tumbuh dengan sehat dan kuat.

  • Kalsium

Saat hamil kita membutuhkan 1.000 mg kalsium setiap hari. Kalsium membantu menjaga tulang si kecil di dalam kandungan tumbuh dengan kuat. kita bisa mencoba berbagai makanan dan minuman kaya kalsium

  • Vitamin

Mengonsumsi makanan yang kaya akan berbagai vitamin, akan menambah daya tahan ibu hamil, dan dapat menjaga kesehatan, serta tumbuh kembang janin.

  • Zat Besi

Wanita hamil membutuhkan dua kali lebih banyak asupan zat besi dibandingkan saat kita tidak hamil. Pasalnya, zat besi adalah salah satu komponen utama dalam sel darah merah. Sel darah merah yang sehat sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi di dalam kandungan. Terutama untuk memasok cukup oksigen ke dalam janin. [1]

Setelah kita tahu, nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk ibu hamil. Maka tentukanlah sarapan yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tersebut. Maka disarankan untuk ibu hamil mengkonsumsi sarapan-sarapan sebagai berikut:

  • Sereal

Makanan berserat seperti sereal, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menu sarapan Ibu Hamil. Dalam satu mangkuk sereal terkandung 8 gram serat dan 9 gram protein, yang bermanfaat untuk mencegah kram perut dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ibu Hamil bisa mengkonsumsi satu mangkuk sereal yang dicampur dengan susu.

  • Telur

Telur bisa menjadi alternatif pilihan makanan untuk ibu hamil yang tidak nafsu makan daging. Telur bermanfaat untuk pembentukan sel tubuh bayi dan mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf. ibu hamil dapat mengolah telur menjadi telur dadar yang dicampur dengan sayuran dan keju. Pastikan ibu hamil sudah memasaknya hingga benar-benar matang.

  • Oatmeal

Tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan? Menu sarapan untuk ibu hamil yang satu ini sangat praktis untuk dibuat. Oatmeal mengandung serat yang dibutuhkan tubuh dan potongan buah membantu menambahkan asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh. kita bisa membuat menu ini dengan mencampurkan ½ cangkir oatmeal dengan ½ cangkir susu rendah lemak. Kemudian, taburi dengan kacang kenari cincang dan potongan buah seperti apel atau stroberi di atasnya. [2]

  • Roti Panggang

Sarapan dengan roti mungkin sudah biasa. Untuk mendapat cita rasa, ibu dapat membuat roti panggang yang ditambahkan dengan bahan-bahan lain, seperti telur rebus atau alpukat yang dihaluskan. Satu kuning telur mengandung sekitar seperempat dari kolin yang dibutuhkan setiap hari. Kolin meningkatkan fungsi otak dan menjaga perkembangan otak bayi, terutama di trimester terakhir.

  • Smoothies

Tidak hanya makanan, menu sarapan berupa minuman juga bisa menjadi alternatif lainnya. Mencampurkan susu almond, yoghurt, kiwi, bayam, dan biji chia membantu kita untuk mendapatkan bekal nutrisi yang cukup di pagi hari. Vitamin C, protein, kalsium, folat, dan juga omega 3 semuanya terkandung dalam minuman ini. Cara membuatnya pun mudah dan tak butuh waktu lama, kita hanya perlu mencampur ½ cangkir susu almond, ½ cangkir yoghurt, satu buah kiwi, ½ ikat bayam, dan satu sendok makan biji chia. [3]

Guna mendukung kegiatan sarapan sehat bagi ibu hamil. Maka, selain sarapan sehat untuk ibu hamil setiap paginya, kita harus tetap menjaga ibu hamil untuk tetap rutin mengkonsumsi air putih yang memiliki kandungan mineral. Karena Kekurangan asupan air mineral dapat menyebabkan beberapa dampak negatif bagi tubuh. Misalnya kehilangan cairan tubuh sebanyak 1%, dapat terjadi gangguan pengaturan temperatur tubuh, kehilangan cairan 2% dapat mengakibatkan hilangnya nafsu makan. Dehidrasi juga dapat mengakibatkan gangguan pada saluran pencernaan.

Untuk mendapatkan semua kebaikan yang terkandung pada air ini pilihlah AQUA. Karena Hanya AQUA yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas. Sumber mata air pegunungan AQUA merupakan pegunungan vulkanis yang menyaring air secara alami oleh lapisan batuan vulkanis dengan kemurnian yang baik bagi konsumen. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber airnya itu sendiri. Hal ini ditujukan untuk melindungi kealamian mineral pegunungan, serta menjaga keberlangsungan sumber air. [4]

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/menu-sarapan-untuk-ibu-hamil/#gref
  2. https://www.alodokter.com/beragam-pilihan-menu-sarapan-sehat-untuk-ibu-hamil
  3. https://www.halodoc.com/artikel/menu-sarapan-sehat-untuk-ibu-hamil
  4. https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-mineral-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan/

Related posts